Daftar 10 Game PC Terpopuler yang Wajib Dimainkan

 Daftar Game PC Terpopuler yang Wajib Dimainkan



Industri game PC terus berkembang dengan pesat, menawarkan pengalaman gaming yang semakin mendalam dan menghibur. Berikut ini adalah daftar game PC terpopuler yang wajib dimainkan untuk para pecinta game:


1. The Witcher 3: Wild Hunt

Dikembangkan oleh CD Projekt Red, game ini menghadirkan dunia fantasi yang luas, cerita yang mendalam, dan grafis yang memukau. Berperan sebagai pemburu monster, pemain akan menjelajahi dunia terbuka yang penuh dengan misteri dan penuh tantangan.


2. Cyberpunk 2077

Juga dari CD Projekt Red, game ini menempatkan pemain di dalam kota futuristik yang gelap dan penuh intrik. Dengan gameplay yang menarik dan cerita yang mendalam, Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game paling dinanti sebelum dirilis.


3. Red Dead Redemption 2

Dikembangkan oleh Rockstar Games, game ini merupakan prekuel dari Red Dead Redemption asli. Dengan dunia terbuka yang luas dan detail yang menakjubkan, Red Dead Redemption 2 menghadirkan pengalaman menjelajahi Wild West yang sangat imersif.


4. Grand Theft Auto V

Masih dari Rockstar Games, GTA V tetap menjadi salah satu game paling populer di PC. Dengan dunia terbuka yang besar, banyaknya misi, dan mode multiplayer yang seru, GTA V terus menarik pemain baru sejak dirilis.


5. Fortnite

Sebuah fenomena dalam industri game, Fortnite menawarkan gameplay battle royale yang seru dan inovatif. Dengan grafis yang cerah dan gaya seni yang unik, Fortnite terus menjadi salah satu game paling populer di dunia.


6. League of Legends

Sebagai salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) paling populer, League of Legends terus menarik jutaan pemain di seluruh dunia. Dengan berbagai pahlawan untuk dipilih dan strategi yang mendalam, LoL merupakan game yang menghibur dan menantang.


7. Counter-Strike: Global Offensive

Game first-person shooter (FPS) ini masih menjadi favorit di kalangan pemain PC. Dengan gameplay yang cepat dan kompetitif, CS:GO menawarkan pengalaman multiplayer yang seru dan menantang.

8. Minecraft

 sudah berusia lebih dari satu dekade, Minecraft tetap menjadi salah satu game paling populer di dunia. Dengan kreativitas tanpa batas dan dunia yang terus berkembang, Minecraft menghadirkan pengalaman gaming yang unik dan mendalam.


9. Among Us

Game ini meledak menjadi fenomena di tahun 2020 dan terus menarik pemain baru di PC. Dengan gameplay yang sederhana namun adiktif, Among Us menghadirkan pengalaman sosial yang menyenangkan untuk dimainkan bersama teman.


10. Valorant

Dikembangkan oleh Riot Games, Valorant adalah game first-person shooter taktis yang menggabungkan elemen dari berbagai genre. Dengan karakter yang unik dan mekanik permainan yang mendalam, Valorant telah menjadi salah satu game paling populer di PC sejak dirilis.


Itulah beberapa game PC terpopuler yang wajib dimainkan. Dari dunia terbuka yang luas hingga pengalaman multiplayer yang seru, game-game ini menawarkan sesuatu untuk semua jenis pemain. Kalian juga bisa daftar nya dibawah ini




LEAGUE OF LEGENDS

 

League of Legends

Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian
League of Legends
League of Legends 2019 vector.svg
PengembangRiot Games
PenerbitRiot Games
PengarahTom Cadwell
Produser
  • Steven Snow
  • Travis George
Perancang
  • Christina Norman
  • Rob Garrett
  • Steve Feak
Seniman
  • Edmundo Sanchez
  • Troy Adam
  • Paul Kwon
PenulisGeorge Krstic
KomponisChristian Linke
Seri
  • League of Legends 
PlatformMicrosoft Windows, macOS
Tanggal rilis27 Oktober 2009
GenreArena pertarungan daring multipemain
ModeMultipemain

League of Legends (disingkat LoL) adalah sebuah permainan video arena pertarungan daring multipemain yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Riot Games untuk Microsoft Windows dan macOS. Permainan tersebut terinspirasi oleh Warcraft III: The Frozen Throne dari seri Defense of the Ancients.

Referensi

  1. ^ Nguyen, Thierry (September 1, 2009). "Clash of The DOTAs". 1UP.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2011. Diakses tanggal October 21, 2009.

FORTNITE

 

Fortnite

Fortnite
FortniteLogo.svg
GenreBermacam-macam
PengembangFarga Corporation
PenerbitEpic Games
PlatformMicrosoft Windows, macOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, iOS, Android
Platform pertamaMicrosoft Windows
Year of inception2017

Fortnite adalah sebuah permainan video tahun 2017 yang dikembangkan oleh Farga Corporation yang dirilis sebagai paket perangkat lunak terpisah yang menyajikan berbagai mode permainan.

Modus permainan

  • Fortnite: Save the World, yaitu permainan yang melibatkan hingga empat pemain yang bekerja sama untuk melawan zombie dan mempertahankan objek dengan perbentengan yang dapat mereka bangun. Modus permainan ini dirilis pada tahun 2017. Save the World hanya tersedia di serambi Microsoft Windows, macOS, PlayStation 4, dan Xbox One.
  • Fortnite Battle Royale, yaitu permainan battle royale yang melibatkan hingga 100 pemain yang bertarung di ruangan yang semakin kecil dan setiap pemain berupaya untuk menjadi orang terakhir yang selamat. Modus permainan ini dirilis pada tahun 2017. Battle Royale tersedia di serambi Microsoft Windows, macOS, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch dan perangkat iOS dan Android.
  • Fortnite Creative, yaitu permainan kotak pasir tempat para pemain diberikan kebebasan penuh untuk menciptakan dunia dan arena pertempuran. Modus permainan ini dirilis pada tanggal 6 Desember 2018.

Penghargaan


TahunPenghargaanKategoriHasilRef(s).
2017The Game Awards 2017Best MultiplayerNominasi
201816th Visual Effects Society AwardsOutstanding Visual Effects in a Real-Time Project (A Hard Day's Night)Nominasi
D.I.C.E. AwardsOutstanding Achievement in Online GameplayNominasi
SXSW Gaming AwardsExcellence in MultiplayerNominasi
Excellence in GameplayNominasi
14th British Academy Games AwardsBest Evolving GameNominasi
Best MultiplayerNominasi
Webby AwardsPeople's Voice Award for Best Multiplayer/Competitive GameMenang
Game Critics AwardsBest Ongoing GameMenang
Develop AwardsBest AnimationNominasi
Teen Choice AwardsChoice VideogameMenang
Golden Joystick AwardsBest Competitive GameMenang
Mobile Game of the YearNominasi
Ultimate Game of the YearMenang
The Game Awards 2018Best Multiplayer GameMenang
Best Mobile GameNominasi
Best Ongoing GameMenang
Best Esports GameNominasi
Gamers' Choice AwardsFan Favorite GameMenang
Fan Favorite Multiplayer GameMenang
Fan Favorite eSports GameMenang
Fan Favorite Battle Royale GameMenang
Fan Favorite eSports League Format (Community Skirmishes)Menang
Australian Games AwardsMultiplayer/Online Title of the YearMenang
Mobile/Handheld Title of the YearNominasi
Shooter of the YearNominasi
Game of the YearNominasi

DOTA 2

  

Dota 2

Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian
Dota 2
DotA2.jpg
Logo
PengembangValve corporation
Penerbit
  • USA: Valve Corporation
  • Tiongkok: Perpect World
  • ROK: Nexon Co. Ltd.
  • JPN: Nexon Co. Ltd.
PengarahErik Johnson
PerancangIceFrog
PenulisChet Faliszek
Ted Kosmatka
Marc Laidlaw
KomponisJason Hayes
Tim Larkin
Chance Thomas
Seri
  • Dota 
EngineSource
PlatformMicrosoft Windows, OS X, Linux
Tanggal rilisMicrosoft Windows 9July 2013
OS X & Linux 18 July 2013
Genrearena pertarungan daring multipemain
ModeMultipemain

Dota 2 adalah sebuah permainan arena pertarungan during multipemain, dan merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne. DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit juli 2013 dota 2 dapat dimainkan secara gratis pada sistim operasi Microsoft Windows, OS X and Linux. Dota 2 dapat dimainkan secara eksklusif melalui distributor resmi valve, Steam.

Dota 2 dimainkan oleh 2 tim yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Di mana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lawan agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain hanya dapat mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.

Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak ramah.Sampai pertengahan 2017 Dota 2 menjadi game yang memiliki aktivitas pemain paling banyak di Steam, dengan pucak 800,000 pemain online bersamaan setiap hari. Namun telah disusul game PUBG (Player unknown's battle ground) yang memiliki aktivitas pemain sampai 1 juta setiap harinya

Perkenalan Gameplay

Dota 2 mengadu 2 tim berisikan masing-masing 5 pemain, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan disebut "Dire, dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient dan tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya. Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yaitu offlane (toplane untuk radiant dan bottom lane untuk dire) midlane dan safe lane (bottom lane untuk radiant dan top lane untuk dire) yang menghubungkan kedua Ancient tersebut dan pasukan (‘creeps’) yang spawn atau muncul secara berkala setiap 30 detik di jalur-jalur tersebut, Setiap 'lanes' memiliki 3 menara yang akan menyerang hero atau creeps didekatnya (disebut 'tower'). Pada tower terakhir terdapat 2 barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Apabila melee barracks atau ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super melee creeps atau super ranged creeps', dan akan menjadi 'mega creep' apabila kedua barracks dari ketiga lane telah dihancurkan), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan.

Selain creeps yang ada di lane, untuk menambah pengalaman guna meningkatkan level serta mengumpulkan gold, sebagian pemain juga dapat 'farming' ataupun 'creeping' dihutan dengan membunuh natural creeps ataupun ancient creeps.

Untuk memperoleh keabadian (kesempatan hidup satu kali lagi saat terbunuh) dengan mengunakan aegis immortal, pemain harus bisa mengalahkan roshan, monster hutan yang berada di jalur parit yang memiliki armor yang sangat kuat.

Dijalur parit juga terdapat rune (seperti double damage, haste, bounty, invisible, arcane dan water), yang muncul secara berkala setiap 2 menit.

Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda: Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif maupun pasif. Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat keputusan strategi, pemain akan berusaha menjelajah map untuk menghancurkan Ancient lawannya.

ROBLOX

  Roblox adalah platform permainan daring dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain. Didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dan secara resmi dirilis pada tahun 2006, platform ini menjadi tempat permainan yang dibuat pengguna dalam banyak genre, seperti permainan balap, permainan bermain-peran, simulasi dan kursus rintangan, diberi kode dalam bahasa pemrograman Lua.

Roblox gratis-untuk-dimainkan, dengan pembelian dalam permainan tersedia melalui mata uang virtual yang disebut "Robux". Pada Agustus 2020, Roblox memiliki lebih dari 164 juta pengguna aktif bulanan, yang dimainkan oleh lebih dari setengah dari semua anak berusia di bawah 16 tahun di Amerika Serikat

Roblox umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus.

Roblox studio

Two blue polygons with a gap in between them.
Logo Roblox Studio

Roblox adalah platform pembuatan permainan yang memungkinkan pemain untuk membuat game sendiri menggunakan mesin miliknya, Roblox Studio. Permainan diberi kode di bawah sistem Pemrograman Berorientasi Objek menggunakan bahasa pemrograman Lua untuk memanipulasi lingkungan permainan. Pengguna dapat membuat game pass, yang merupakan konten yang dapat dibeli melalui pembelian satu kali, serta transaksi mikro melalui produk pengembang. Pengembang di situs pertukaran Robux yang diperoleh dari berbagai produk di permainan mereka ke dalam mata uang dunia nyata melalui sistem Pertukaran Pengembang. Persentase pendapatan dari pembelian dibagi antara pengembang dan Roblox.

Barang dan mata uang

Logo mata uang virtual "Robux"

Roblox memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan membuat barang virtual yang dapat digunakan untuk menghias karakter virtual mereka yang berfungsi sebagai avatar mereka di platform. Pakaian bisa dibeli oleh siapa saja, tapi hanya pemain dengan keanggotaan premium yang bisa menjualnya. Hanya administrator Roblox yang dapat menjual aksesori, bagian tubuh, perlengkapan, dan paket di bawah akun pengguna resmi Roblox; topi dan aksesori virtual juga dapat diterbitkan oleh beberapa pengguna tertentu yang memiliki pengalaman bekerja dengan Roblox Corporation. Ada beberapa individu yang mendesain item sebagai pekerjaan penuh waktu, dengan pencipta berpenghasilan tertinggi menghasilkan lebih dari $100.000 setahun dari penjualan item. Barang dengan status edisi terbatas hanya dapat diperdagangkan atau dijual oleh pengguna dengan status keanggotaan premium.

Acara

Roblox sesekali menyelenggarakan kehidupan nyata dan peristiwa virtual. Salah satu acara tersebut adalah Konferensi Pengembang mereka. Roblox mengadakan acara perburuan telur Paskah virtual setiap tahun dan acara yang sebelumnya diselenggarakan seperti BloxCon, yang merupakan konvensi untuk pemain dari segala usia.

Roblox terkadang terlibat dalam acara untuk mempromosikan film, seperti yang diadakan untuk mempromosikan Wonder Woman 1984 dan Aquaman. Pada tahun 2020, Roblox menyelenggarakan konser virtual pertamanya, yang dibandingkan dengan konser virtual rapper Amerika Travis Scott di Fortnite, di mana rapper Amerika Lil Nas X memulai debutnya dengan lagunya "Holiday" di hadapan para pemain Roblox.

Konferensi Pengembang

Roblox setiap tahun menyelenggarakan Roblox Developers Conference, acara khusus undangan selama tiga hari di San Francisco di mana pembuat konten teratas di situs mempelajari perubahan mendatang pada platform. Roblox juga menjadi tuan rumah acara serupa di London dan Amsterdam.

Pengembangan dan sejarah

Logo Roblox pertama, dirancang pada tahun 2004[29]
Logo Roblox dari 2005–2006[29]
Logo Roblox dari 2006-2017; itu memiliki banyak variasi, tetapi sebagian besar tetap sama.[29]
Logo Roblox pada 2017[29]

Versi beta Roblox dibuat oleh salah satu pendiri David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004, awalnya dengan nama DynaBlocks. Baszucki mulai menguji demo pertama tahun itu. Pada tahun 2005, perusahaan berganti nama menjadi RobloxRoblox resmi digunakan pada 1 September 2006.

Pada bulan Maret 2007, Roblox menjadi patuh dengan COPPA, dengan tambahan obrolan aman, suatu perubahan yang membatasi pengguna di bawah usia tiga belas tahun untuk berkomunikasi dengan memilih pesan yang telah ditentukan dari menu. Pada bulan Agustus, Roblox menerapkan perbaikan server dan merilis layanan keanggotaan premium bernama "Builders Club." Fitur keanggotaan berbayar ini, pada bulan September 2019, berganti nama menjadi "Roblox Premium."

Pada bulan Desember 2011, Roblox mengadakan Hack Week pertama mereka, sebuah acara tahunan di mana pengembang Roblox bekerja pada ide-ide inovatif di luar kotak untuk perkembangan baru untuk diberikan kepada perusahaan. Pada 11 Desember 2012, Roblox merilis versi iOS dari platform permainan. Pada 1 Oktober

2013, Roblox merilis program "Developer Exchange", yang memungkinkan pengembang untuk menukar Robux virtual yang diperoleh dari permainan mereka ke dalam mata uang dunia nyata.

Pada tanggal 31 Mei 2015, fitur yang disebut 'Smooth Terrain' ditambahkan, meningkatkan kesetiaan grafis dari medan dan mengubah mesin fisika dari gaya berorientasi blok menjadi gaya yang lebih halus dan lebih realistis. Pada tanggal 20 November, Roblox diluncurkan di Xbox One, dengan pilihan awal 15 permainan yang dipilih oleh staf Roblox. Permainan Roblox yang baru untuk konsol ini harus melalui proses persetujuan, dan tunduk pada standar Entertainment Software Ratings Board.

Pada April 2016, Roblox meluncurkan Roblox VR untuk Oculus Rift. Pada saat perilisan, lebih dari sepuluh juta game tersedia dalam 3D. Sekitar periode waktu yang sama, fitur obrolan aman dihapus dan diganti oleh sistem berdasarkan daftar putih dengan serangkaian kata yang dapat diterima untuk pengguna di bawah 13 tahun dan pada daftar hitam untuk pengguna lain. Pada bulan Juni, perusahaan meluncurkan versi yang kompatibel dengan Windows 10. Sementara platform game telah memiliki kehadiran PC sejak tahun 2004 dengan versi web-nya, ini adalah pertama kalinya ditingkatkan dengan launcher mandiri yang dibangun untuk Windows.

Komunitas dan budaya

Upaya anti-rasisme

Pengguna Roblox telah dicatat untuk upaya mereka melawan rasisme, dengan banyak pengguna biasa dan salah satu pendiri Baszucki telah menyatakan dukungan mereka untuk protes George Floyd dan Black Lives Matter.

Efek pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi Roblox dengan berbagai cara. Karena karantina yang diberlakukan oleh interaksi sosial pandemi yang membatasi, Roblox digunakan sebagai cara bagi anak-anak untuk berkomunikasi satu sama lain. Salah satu cara yang paling terkenal bahwa metode komunikasi ini dilakukan adalah fenomena pesta ulang tahun diadakan di platform. Pada 1 Mei 2020, Roblox Corp mengumumkan penggalangan dana virtual untuk mengumpulkan uang untuk amal yang berjuang COVID-19.

Efek suara "Oof"

Dari perilisan hingga November 2020, efek suara Roblox saat karakter mati adalah suara "oof", yang menjadi bagian penting dari reputasi platform karena statusnya sebagai sebuah meme. Suara ini awalnya diproduksi oleh komposer permainan video Tommy Tallarico untuk permainan video tahun 2000 Messiah, dan dia serta Roblox terlibat dalam sengketa hak cipta. Perselisihan berakhir ketika Roblox setuju untuk menarik suara dari platform mereka dan menggantinya dengan suara kematian lainnya, dan Tallarico setuju untuk mengizinkan Roblox merilis suara itu lagi di kemudian hari di pasarnya, pengembang permainan mana di platform ini yang dapat membeli dengan harga US $1.

Penerimaan dan penghasilan

Penerimaan Keseluruhan

Roblox secara keseluruhan telah menerima ulasan positif secara umum. Common Sense Media memberikannya 4 dari 5 awal, memuji berbagai permainan situs web dan kemampuan untuk mendorong kreativitas pada anak-anak, sementara juga menemukan bahwa sifat terdesentralisasi dari platform berarti kualitas permainan bervariasi, dan merekomendasikan menonaktifkan fungsi obrolan untuk pemain muda untuk mencegah kemungkinan interaksi yang berbahaya. Patricia E. Vance dari Family Online Safety Institute juga menyarankan orang tua untuk memantau interaksi anak-anak mereka di platform, tetapi memuji platform untuk "memungkinkan anak-anak bermain, mengeksplorasi, bersosialisasi, membuat dan belajar dengan cara yang diarahkan sendiri", dan memberikan pujian utama kepada Roblox Studio untuk kemampuannya mendorong anak-anak untuk mengalami pengembangan permainan.

Permainan

Karena statusnya sebagai platform permainan, Roblox memiliki beragam permainan populer. Mulai Mei 2020, permainan paling populer di Roblox masing-masing memiliki lebih dari 10 juta pemain aktif bulanan. Hingga Agustus 2020, setidaknya 20 permainan telah dimainkan lebih dari satu miliar kali, dan setidaknya 5.000 telah dimainkan lebih dari satu juta kali. TechCrunch mencatat pada Maret 2021 bahwa permainan Roblox sebagian besar berbeda dari tradisi mapan dalam permainan gratis untuk dimainkan, menemukan bahwa permainan Roblox yang sukses diarahkan untuk kepuasan langsung, dan menemukan bahwa penambahan tutorial secara signifikan menurunkan keterlibatan pemain, bertentangan dengan kebijaksanaan yang sudah mapan tentang permainan video gratis untuk dimainkan.

Pendapatan

Selama Roblox Developers Conference 2017, para pejabat mengatakan bahwa pembuat platform permainan, yang jumlahnya sekitar 1,7 juta pada 2017, secara kolektif menghasilkan setidaknya $30 juta pada 2017. Versi iOS Roblox melampaui pendapatan seumur hidup $1 miliar pada November 2019, $1,5 miliar pada Juni 2020, dan $2 miliar pada Oktober 2020, menjadikannya aplikasi iOS dengan pendapatan tertinggi kedua. Beberapa game individu di Roblox telah mengumpulkan pendapatan lebih dari $10 juta, sementara pengembang secara keseluruhan di platform secara kolektif diproyeksikan telah menghasilkan sekitar $250 juta selama tahun 2020. Ini menjadi game terlaris ketiga tahun 2020, dengan pendapatan $2,29 miliar, di bawah judul Tencent PUBG dan Honor of Kings.

Mainan

Pada Januari 2017, Jazwares, pembuat mainan, bekerja sama dengan Roblox Corporation untuk memproduksi minifigures mainan berdasarkan konten yang dibuat pengguna yang dibuat oleh pengembang besar di platform. Minifigures memiliki anggota badan dan sendi yang mirip dengan minifigura Lego. Minifiguranya juga memiliki anggota badan dan aksesori yang dapat dipertukarkan. Semua set menyertakan kode yang dapat digunakan untuk menebus item virtual. Ada juga kotak buta yang berisi minifigur acak dan memiliki peluang untuk mengandung tokoh misteri. Pada 2019, Roblox Corporation merilis lini mainan baru, bermerek seri "Roblox Desktop". Pada 13 April 2021, Roblox bermitra dengan Hasbro untuk merilis senjata Nerf bertema Roblox dan edisi Monopoli bertema Roblox.[

Penghargaan dan pengakuan

Roblox telah menerima penghargaan berikut:

  • Inc. 5000 Daftar Perusahaan Swasta Berkembang tercepat di Amerika (2016, 2017)
  • San Mateo County Economic Development Association (SAMCEDA) Penghargaan Keunggulan (2017)
  • San Francisco Business Times' Tech & Innovation Award - Gaming / eSports (2017).

CALL OF DUTY

 


 Call of Duty adalah waralaba permainan video penembak orang pertama yang diterbitkan oleh Activision. Dimulai pada tahun 2003, pertama kali berfokus pada permainan yang berlatar Perang Dunia II. Seiring waktu, seri ini telah menyaksikan permainan-permainan berlatar di tengah-tengah Perang Dingin, dunia futuristik, dan luar angkasa. Permainan ini pertama kali dikembangkan oleh Infinity Ward, kemudian juga oleh Treyarch dan Sledgehammer Games. Beberapa permainan spin-off dan genggam dibuat oleh pengembang lain. Judul terbaru, Call of Duty: Black Ops Cold War, dirilis pada 13 November 2020.

Versi Mac OS X untuk Call of Duty dikembangkan oleh Aspyr Media. Pada akhir 2004, versi N-Gage dikembangkan oleh Nokia dan dipublikasikan oleh Activision. Versi lainnya dirilis untuk PC, termasuk Collector's Edition (dengan soundtrack dan strategy guide), Game of the Year Edition (termasuk game updates), dan Deluxe Edition (dengan isi United Offensive di Amerika Serikat. Di Eropa soundtrack tidak termasuk.)

Hingga April 2021, seri ini telah terjual lebih dari 400 juta kopi. Dengan permainan baru dalam seri yang dirilis setiap tahun untuk penjualan tingkat blockbuster, seri ini diverifikasi oleh Guinness World Records sebagai seri permainan penembak orang pertama terlaris. Ini juga merupakan waralaba permainan video paling sukses yang dibuat di Amerika Serikat dan waralaba permainan video terlaris ketiga sepanjang masa. Produk lain dalam waralaba termasuk sederetan karakter figur yang dirancang oleh Plan B Toys, sebuah permainan kartu yang dibuat oleh Upper Deck Company, Mega Bloks dibuat oleh Mega Brands, dan miniseri buku komik diterbitkan oleh WildStorm Productions.


Pengembang utama

Infinity Ward

Infinity War adalah pengembang pertama dari seri Call of Duty,

Treyarch

Treyarch bergabung pada tahun 2005 ketika Activision sedang mencari studio pengembang kedua untuk membantu Infinity Ward dalam siklus 2 tahun sekali antar-pengembang.

Sledgehammer Games

Sledgehammer Games bergabung pada tahun 2009, awalnya SHG membuat permainan Call of Duty bertemakan Perang Vietnam, tetapi kasus sengketa Activision dengan petinggi Infinity Ward berujung pada keluarnya setengah dari seluruh anggota Infinity Ward. Akhirnya mereka membantu Infinity Ward untuk merilis Call of Duty: Modern Warfare 3. Akhirnya mereka menjadi studio pengembang ketiga dalam siklus 3 tahun sekali antar-pengembang, dengan permainan pertama mereka, Advanced Warfare dirilis pada tahun 2014.

Seri utama

Permainan Perang Dunia Kedua

Call of Duty 2 (2005)

Call of Duty 2 adalah permainan video penembak orang pertama dan sekuel dari Call of Duty. Ini dikembangkan oleh Infinity Ward dan diterbitkan oleh Activision. Permainan ini diatur selama Perang Dunia II dan dialami melalui perspektif tentara di Red Army, British Army, dan United States Army. Ini dirilis pada 25 Oktober 2005 untuk Microsoft Windows, 15 November 2005 untuk Xbox 360, dan 13 Juni 2006, untuk Mac OS X. Versi lain dibuat untuk ponsel, Pocket PC, dan telepon pintar.

Call of Duty 3 (2006)

Call of Duty 3 adalah penembak orang pertama dan angsuran ketiga dalam seri permaiann video Call of Duty. Dirilis pada 7 November 2006, permainan ini dikembangkan oleh Treyarch, dan merupakan angsuran besar pertama dalam seri Call of Duty yang tidak dikembangkan oleh Infinity Ward. Itu juga yang pertama tidak dirilis di platform PC. Itu dirilis pada PlayStation 2, PlayStation 3, Wii, Xbox, dan Xbox 360.

Call of Duty: WWII (2017)

Call of Duty: WWII adalah permainan keempat belas dalam seri dan dikembangkan oleh Sledgehammer Games. Ini dirilis di seluruh dunia pada 3 November 2017, untuk Microsoft Windows, PlayStation 4 dan Xbox One. Permainan diatur di teater Eropa, dan berpusat di sekitar skuad 1st Infantry Division, mengikuti pertempuran mereka di Front Barat, dan diatur terutama dalam peristiwa sejarah Operation Overlord.

Seri Modern Warfare

Call of Duty 4: Modern Warfare (2007)

Call of Duty 4: Modern Warfare adalah angsuran keempat dari seri utama, dan dikembangkan oleh Infinity Ward. Ini adalah permainan pertama dalam seri yang tidak berlatar selama Perang Dunia II, tetapi berlatarkan di zaman modern. Permainan ini dirilis untuk Microsoft Windows, Nintendo DS, PlayStation 3, dan Xbox 360 pada 7 November 2007. Versi unduhan dan eceran untuk Mac OS X dirilis oleh Aspyr pada September 2008. Per Mei 2009, Call of Duty 4: Modern Warfare telah terjual lebih dari 13 juta kopi.

Call of Duty: Modern Warfare Remastered (2017)

Call of Duty: Modern Warfare Remastered adalah versi remaster dari Call of Duty 4: Modern Warfare yang dirilis bersamaan dengan Legacy Edition, Legacy Pro Edition dan Digital Deluxe Edition dari Call of Duty: Infinite Warfare pada tanggal 4 November 2016, untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Ini kemudian dirilis secara mandiri pada 27 Juni 2017, untuk PS4, dan 27 Juli 2017, untuk Xbox One dan PC. Permainan ini dikembangkan oleh Raven Software dan eksekutif diproduksi oleh Infinity Ward.

Call of Duty: Modern Warfare 2 (2009)

Call of Duty: Modern Warfare 2 adalah angsuran keenam dari seri utama. Ini dikembangkan oleh Infinity Ward dan diterbitkan oleh Activision. Activision Blizzard mengumumkan Modern Warfare 2 pada 11 Februari 2009. Permainan ini dirilis di seluruh dunia pada 10 November 2009, untuk Xbox 360, PlayStation 3 dan Microsoft Windows. Iterasi permainan Nintendo DS, berjudul Call of Duty: Modern Warfare: Mobilized, dirilis bersamaan dengan permainan dan port Wii dari Call of Duty: Modern Warfare. Modern Warfare 2 adalah sekuel langsung Call of Duty 4 dan melanjutkan jalan cerita yang sama, berlangsung lima tahun setelah permainan pertama dan menampilkan beberapa karakter kembali termasuk Captain Price dan "Soap" MacTavish.

Call of Duty: Modern Warfare 3 (2011)

Call of Duty: Modern Warfare 3 adalah permainan video penembak orang pertama. Ini adalah angsuran kedelapan dari seri Call of Duty dan angsuran ketiga dari arc Modern Warfare. Karena perselisihan hukum antara penerbit permainan Activision dan mantan co-eksekutif Infinity Ward - yang menyebabkan beberapa pemecatan dan pemutusan hubungan kerja di dalam perusahaan– Sledgehammer Games membantu dalam pengembangan permainan, sementara Raven Software dibawa untuk membuat perubahan tampilan pada menu permainan. Permainan ini dikatakan telah dalam pengembangan sejak hanya dua minggu setelah perilisan Call of Duty: Modern Warfare 2. Sledgehammer bertujuan untuk tamasya pertama yang "bebas bug" dalam warabala Call of Duty, dan juga telah menetapkan target skor ulasanMetacritic di atas 95 persen.

Permainan ini melanjutkan cerita dari titik di mana ia berakhir di Call of Duty: Modern Warfare 2 dan melanjutkan kisah pertempuran fiksi antara Amerika Serikat dan Rusia, yang berkembang menjadi Perang Dunia Ketiga antara negara-negara sekutu NATO dan ultra-nasionalis Rusia.

Call of Duty: Modern Warfare (2019)

Call of Duty: Modern Warfare merupakan entri keenam belas dalam seri Call of Duty dan juga merupakan reboot dari seri Modern Warfare. Ceritanya digambarkan lebih gelap dan lebih realistis daripada permainan Call of Duty sebelumnya. Ini diatur dalam timeline Black Ops, terpisah dari permainan Modern Warfare lainnya (namun, karakter seperti Captain Price dan favorit penggemar lainnya dari seri ini akan kembali). Permainan ini resmi terungkap pada 30 Mei 2019, dan dirilis pada 25 Oktober 2019.

Angsuran battle royale utama kedua dalam warabala Call of Duty, berjudul Call of Duty: Wa

rzone, dirilis pada Maret 2020, sebagai bagian dari permainan video Call of Duty: Modern Warfare tetapi tidak perlu dibeli. Permainannya melebihi 50 juta pemain di bulan pertama setelah dirilis.

Seri Black Ops

Call of Duty: World at War (2008)

Call of Duty: World at War, dikembangkan oleh Treyarch, adalah angsuran kelima dari seri utama. Dirilis setelah Modern Warfare, ini kembali ke pengaturan Perang Dunia II dari judul sebelumnya, menampilkan teater Pasifik dan front Timur. Permainan ini menggunakan mesin permainan berpemilik yang sama dengan Call of Duty 4 dan dirilis untuk konsol PC, PlayStation 3, Wii, Xbox 360, dan perangkat genggam Nintendo DS di Amerika Utara pada tanggal 11 November 2008, dan 14 November 2008 di Eropa. Pada Juni 2009, Call of Duty: World at War telah terjual lebih dari 11 juta kopi. Bertindak sebagai prolog untuk permainan Treyarch berikutnya, Black Ops, yang berada di alam semesta yang sama, berbagi karakter dan referensi cerita.

Call of Duty: Black Ops (2010)

Call of Duty: Black Ops adalah angsuran ketujuh dalam seri ini, yang ketiga dikembangkan oleh Treyarch, dan diterbitkan oleh Activision untuk dirilis pada 9 November 2010. Ini adalah permainan pertama dalam seri yang berlangsung selama Perang Dingin dan juga berlangsung sebagian dalam Perang Vietnam. Awalnya tersedia untuk Microsoft Windows, Xbox 360, dan PlayStation 3 dan kemudian dirilis untuk Wii serta Nintendo DS.

Call of Duty: Black Ops II (2012)

Call of Duty: Black Ops II adalah angsuran utama kesembilan dalam seri ini, yang dikembangkan oleh Treyarch dan diterbitkan oleh Activision. Permainan itu terungkap pada 1 Mei 2012. Ini adalah permainan pertama dalam seri yang menampilkan teknologi peperangan masa depan, dan kampanye ini menampilkan beberapa alur cerita bercabang yang dikendalikan oleh pilihan pemain dan banyak akhiran. Ini kemudian dirilis pada 12 November 2012.

Call of Duty: Black Ops III (2015)

Call of Duty: Black Ops III adalah angsuran utama kedua belas dalam seri ini, yang dikembangkan oleh Treyarch dan diterbitkan oleh Activision. Permainan ini dirilis pada 6 November 2015.

Call of Duty: Black Ops 4 (2018)

Call of Duty: Black Ops 4 adalah angsuran utama kelima belas dalam seri ini. Ini dikembangkan oleh Treyarch dan diterbitkan oleh Activision. Permainan ini dirilis pada 12 Oktober 2018. ini adalah permainan Call of Duty berfitur pertama yang melupakan mode permainan kampanye pemain tunggal, berfokus hanya pada aspek permainan multipemain. Permainan ini juga memperkenalkan mode permainan battle royale yang sama sekali baru, dipanggil Blackout, selain mode co-op multipemain dan zombie.

Call of Duty: Black Ops Cold War (2020)

Call of Duty: Black Ops Cold War adalah angsuran utama ketujuh belas dalam seri ini. Ini dikembangkan oleh Treyarch dan Raven Software, dan diterbitkan oleh Activision. Trailer perilisan Black Ops Cold War di seluruh dunia dirilis pada 26 Agustus 2020. Tanggal rilisnya adalah 13 November 2020.

Permainan lainnya

Call of Duty: Ghosts (2013)

Call of Duty: Ghosts adalah angsuran utama kesepuluh dalam seri ini, dan dikembangkan oleh Infinity Ward. Permainan ini dirilis pada 5 November 2013. Ini adalah game pertama yang 

Call of Duty: Advanced Warfare (2014)

Call of Duty: Advanced Warfare adalah angsuran utama kesebelas dalam seri ini, yang dikembangkan oleh Sledgehammer Games dengan bantuan dari Raven Software dan High Moon Studios. ini dirilis pada November 2014. Permainan ini adalah permainan pertama dalamdikembangkan untuk konsol generasi kedelapan seperti PlayStation 4 dan Xbox One. seri yang menampilkan gerakan-gerakan canggih, seperti lompatan ganda dan peningkatan seluncuran.

Call of Duty: Infinite Warfare (2016)

Call of Duty: Infinite Warfare adalah angsuran utama ketiga belas dalam seri ini, yang dikembangkan oleh Infinity Ward, dan diterbitkan oleh Activision. Permainan ini dirilis pada 4 November 2016.

Permainan lainnya

Judul konsol

Call of Duty: Finest Hour

Call of Duty: Finest Hour adalah angsuran konsol pertama dari Call of Duty, dan dirilis di GameCube, PlayStation 2, dan Xbox. Versi PlayStation 2 dan Xbox dari permainan ini menyertakan mode multipemain online yang mendukung hingga 32 pemain. Ini juga termasuk mode permainan baru.

Call of Duty 2: Big Red One

Call of Duty 2: Big Red One adalah spin-off Call of Duty 2 yang dikembangkan oleh Treyarch, dan berdasarkan eksploitasi Divisi Infanteri ke-1 Amerika selama Perang Dunia II. Permainan ini dirilis di GameCube, PlayStation 2, dan Xbox.

Call of Duty: World at War – Final Fronts

Call of Duty: World at War – Final Fronts adalah adaptasi PlayStation 2 dari Call of Duty: World at War. Dikembangkan oleh Rebellion Developments, Final Fronts menampilkan tiga kampanye yang melibatkan pertempuran AS di teater Pasifik, Pertempuran Bulge, dan serangan Inggris di Sungai Rhine ke Jerman.

Call of Duty: The War Collection

Call of Duty: The War Collection adalah set kumpulan kotak dari Call of Duty 2Call of Duty 3 dan Call of Duty: World at War. Ini dirilis untuk Xbox 360 pada 1 Juni 2010.

Judul PC

Call of Duty Warzone

Call of Duty Warzone adalah permaian battle royale online yang diumumkan oleh Raven Software dan dirilis oleh Activision. Permaianan ini dirilis pada 10 Maret 2020 sebagai bagian dari Modern Warfare (2019) dan setelahnya, Black Ops Cold War mengikuti perilisan terakhir pada November 2020. Warzone menjadi judul battle royale mandiri pada tahun 2020 dan terus diperbarui dengan fitur pembaruan musiman dan unik. Activision telah mengumumkan bahwa permainan ini akan memiliki versi seluler di masa mendatang.

Judul seluler

Call of Duty: Modern Warfare 2: Force Recon

Call of Duty: Modern Warfare 2: Force Recon adalah permainan seluler J2ME untuk Modern Warfare 2. Dikembangkan oleh Glu Mobile, permainan ini berlangsung setelah 5 tahun Modern Warfare di Meksiko.

Call of Duty: Heroes

Call of Duty: Heroes adalah permainan strategi waktu nyata yang dikembangkan oleh Faceroll Games, dan diterbitkan oleh Activision untuk Android dan iOS. Permainan ini mirip dengan Clash of Clans dan dirilis pada 26 November 2014.Call of Duty: Mobile (2019)

Call of Duty: Mobile adalah warabala judul seluler untuk iOS dan Android yang dikembangkan oleh TiMi Studios dari Tencent Games. Ini dirilis pada 1 Oktober 2019. Sebelumnya, ini pertama kali diumumkan pada 18 Maret 2019 di Game Developers Conference tahun itu Pada 4 Oktober 2019, permainan ini telah melampaui lebih dari 35 juta unduhan di seluruh dunia.

Judul yang dibatalkan

Call of Duty: Combined Forces

Call of Duty: Combined Forces adalah konsep konsep yang diusulkan awalnya dimaksudkan untuk menjadi sekuel Call of Duty: Finest Hour. Namun, karena beberapa masalah hukum yang muncul antara Spark Unlimited, Electronic Arts, dan Activision serta masalah produksi lainnya, draf dan skrip permainan tidak pernah muncul. Permainan ini diproyeksikan menelan biaya $10,5 juta untuk diproduksi setelah Finest Hour selesai. Akhirnya, Activision menganggap pitch sebagai lebih dari ekspansi daripada sesuatu yang sama sekali baru, menyebabkan perusahaan menolak proposal dan mengakhiri kontrak mereka dengan Spark Unlimited tak lama setelah itu.

Call of Duty: Devil's Brigade

Call of Duty: Devil's Brigade adalah penembak orang pertama yang dibatalkan untuk Xbox 360 yang dikembangkan oleh Underground Entertainment. Permainan ini berlatar Perang Dunia II, terutama berfokus pada Kampanye Italia.

Call of Duty: Vietnam

Call of Duty: Vietnam adalah penembak orang ketiga yang ditetapkan selama Perang Vietnam. Ini dalam pengembangan setidaknya selama enam hingga delapan bulan di Sledgehammer Games. Pengembangan dihentikan karena Infinity Ward membutuhkan bantuan penyelesaian Call of Duty: Modern Warfare 3 karena pemecatan dan pemberhentian karyawan pada tahun 2010.

Call of Duty: Roman Wars

Call of Duty: Roman Wars adalah permainan video orang ketiga dan orang pertama yang dibatalkan dalam warabala Call of Duty. Permainan itu berlatarkan di Romawi kuno, dan memungkinkan pemain untuk mengendalikan tokoh sejarah terkenal Julius Caesar, bersama dengan "low grunts", dan petugas dari Legiun Kesepuluh. Itu akhirnya dibatalkan, karena Activision memiliki ketidakpastian tentang mencapnya sebagai judul Call of Duty.

Media lainnya

Barang niaga

The Call of Duty Real-Time Card Game diumumkan oleh produsen kartu Upper Deck.

Pada tahun 2004, Activision, bekerja sama dengan perusahaan Plan-B Toys dan Radioactive Clown, merilis "Call of Duty: Series 1" deretan tokoh action figure, yang termasuk tiga tentara Amerika dan tiga tentara Jerman dari era Perang Dunia II. Sedangkan action figure American G.I. dibuat pada tahun 2004, Plan-B Toys kemudian menghentikan action figure Pengawal SS Nazi yang kontroversial berdasarkan perwira Totenkopf Nazi yang terlihat di Call of Duty.

Pada tahun 2008, McFarlane Toys mengumumkan kemitraan mereka dengan Activision u

ntuk menghasilkan action figure untuk seri Call of Duty. Seri action figure pertama McFarlane Toys dirilis pada Oktober 2008 dan terdiri dari empat tokoh berbeda: Marine dengan Penyembur api, Marine Infantry, British Special Ops, dan Marine dengan Senapan Mesin.

Film pendek

Find Makarov adalah film buatan penggemar yang diterima dengan bduksi film pendek kedua, Operation Kingfish.

Find Makarov: Operation Kingfish adalah prekuel buatan penggemar untuk Call of Duty: Modern Warfare 2 dan pertama kali ditampilkan di Call of Duty XP. Video tersebut diproaik oleh penerbit Call of Duty, Activision, yang menghubungi We Can Pretend dan kemudian memproduksi oleh We Can Pretend, dengan efek visual oleh The Junction, dan didukung oleh Activision. Video tersebut bercerita tentang bagaimana Captain Price berakhir di Gulag Rusia yang diatur sebelum peristiwa Modern Warfare 2.

Film

Pada 6 November 2015, setelah perilisan Black Ops IIIThe Hollywood Reporter melaporkan bahwa Activision Blizzard meluncurkan studio produksi bernama Activision Blizzard Studios dan merencanakan dunia sinematik aksi langsung Call of Duty pada tahun 2019. Pada 16 Februari 2018, diumumkan bahwa Stefano Sollima akan mensutradai film tersebut. Beberapa hari kemudian, dia memberi tahu Metro UK bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk memiliki Tom Hardy dan Chris Pine sebagai pemeran utama untuk film tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan FilmSlash, Sollima menyatakan bahwa film tersebut akan menjadi film tentara sungguhan, bukan film perang. Pada 27 November 2018, diumumkan bahwa Joe Robert Cole akan menulis sekuelnya. Syuting pada film pertama seharusnya mulai syuting pada Musim Semi 2019 untuk dirilis tahun 2020 atau 2021. Pada Februari 2020, Sollima mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa film tersebut ditangguhkan dengan mengatakan bahwa itu bukan prioritas Activision.

Call of Duty Endowment

Call of Duty Endowment (CODE) adalah yayasan nonprofit yang dibuat oleh Activision Blizzard untuk membantu mencari pekerjaan bagi veteran militer AS. Donasi pertama, terdiri dari $125.000, telah diberikan kepada Paralyzed Veterans of America.

Co-chairman Jenderal James L. Jones adalah mantan Penasihat Keamanan Nasional A.S. Pendiri Robert Kotick adalah CEO Activision Blizzard. Setelah didirikan pada tahun 2009, organisasi tersebut mengumumkan komitmen untuk menciptakan ribuan peluang karier bagi para veteran, termasuk mereka yang kembali dari Timur Tengah. Penghargaan tahunan yang diberikan oleh endowment termasuk “Seal of Distinction,” sebuah hibah awal $30.000 yang diberikan kepada organisasi layanan veteran terpilih. Pada November 2014, endowment meluncurkan kampanye "Perlombaan menuju 1.000 Pekerjaan" untuk mendorong para gamer menyumbangkan uang dan terlibat dalam organisasi yang menyediakan layanan bagi para veteran. Hingga 2015, Call of Duty Endowment telah memberikan sekitar $12 juta dalam bentuk hibah kepada organisasi veteran di Amerika Serikat, yang telah membantu mencarikan pekerjaan bagi 14.700 veteran..

Pada tanggal 30 Maret 2010, CODE menyerahkan 3.000 salinan Call of Duty: Modern Warfare 2, bernilai sekitar $180.000, kepada Angkatan Laut A.S. Salinannya dikirim ke lebih dari 300 kapal dan kapal selam serta fasilitas Moral, Kesejahteraan, dan Rekreasi Angkatan Laut di seluruh dunia.

Kontroversi dan masalah hukum

Kontroversi Modern Warfare 2

Modern Warfare 2 pada perilisannya memiliki sejumlah hal yang kontroversial. Yang paling signifikan, satu level "No Russian" membuat pemain mengalami pembantaian warga sipil di bandara Rusia.

Klaim pelanggaran merek dagang oleh AM General

AM General, produsen dari Humvee, menggugat Activision pada tahun 2017 karena menggunakan Humvee di beberapa permainan Call of Duty. Seorang hakim distrik federal memberi Activision mosi ringkasan yang mendukungnya untuk membatalkan kasus pada April 2020, menyatakan bahwa tujuan penggunaan Humvee dalam permainan, memberikan realisme militer, jauh berbeda dengan tujuan merek dagang yang telah ditetapkan AM General, untuk dijual ke militer.

Valorant

 Valorant: A Comprehensive Guide to Riot Games' Tactical Shooter Valorant, developed by Riot Games, burst onto the gaming scene in 2020 ...