Red Dead Redemption 2

Memburu Legenda di Dunia Terbuka Red Dead Redemption 2



Pada tahun 2018, Rockstar Games menghadirkan sebuah epik baru dalam dunia game dengan perilisan Red Dead Redemption 2. Sekuel yang dinantikan ini membawa pemainnya ke era Wild West yang mempesona, di mana kehidupan di perbatasan Amerika Serikat di tahun 1899 dipenuhi dengan petualangan, intrik, dan pertarungan. Mari kita telusuri mengapa Red Dead Redemption 2 menjadi salah satu karya paling ikonik dalam industri game.


Kisah yang Memikat


Red Dead Redemption 2 membawa pemainnya dalam perjalanan yang penuh emosi bersama Arthur Morgan, seorang anggota geng perampok yang menghadapi konflik internal saat peradaban barat semakin tenggelam. Dengan cerita yang mendalam dan karakter yang kompleks, game ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.


Dunia Terbuka yang Luas


Salah satu poin penting dari Red Dead Redemption 2 adalah dunia terbukanya yang luar biasa. Dari padang rumput yang luas hingga kota-kota yang ramai, setiap sudut dunia game ini diperhatikan dengan detail yang mengagumkan. Pemain dapat menjelajahi pegunungan bersalju, hutan belantara, dan dataran yang terbuka dengan berbagai kehidupan liar.


Interaksi yang Realistis


Rockstar Games berhasil menciptakan dunia yang hidup dan responsif dalam Red Dead Redemption 2. Karakter non-playable (NPC) memiliki rutinitas harian mereka sendiri, dan interaksi dengan mereka bisa menghasilkan berbagai hasil yang berbeda. Baik itu berbicara dengan penduduk kota atau bertemu dengan pelanggar hukum, setiap interaksi memiliki dampak pada dunia sekitarnya.


Permainan yang Mendalam


Selain cerita utama yang menarik, Red Dead Redemption 2 menawarkan beragam kegiatan sampingan yang membuat pemain betah berlama-lama di dunianya. Mulai dari berburu hewan liar, memancing di sungai-sungai yang mengalir, hingga bermain poker di saloon, ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan di dunia game ini.


Visual yang Memukau dan Suara yang Mempesona


Grafis yang menakjubkan dan desain suara yang mendalam menjadi salah satu daya tarik utama dari Red Dead Redemption 2. Pemandangan alam yang indah, karakter yang hidup, dan suara-suara alam yang autentik menghadirkan pengalaman yang tak tertandingi dalam menjelajahi Wild West.


Kesimpulan


Red Dead Redemption 2 bukan hanya sebuah game, tapi pengalaman yang menggugah dan memikat. Dengan cerita yang mendalam, dunia terbuka yang luas, dan detail yang luar biasa, game ini menetapkan standar baru dalam genre dunia terbuka. Dua tahun setelah perilisannya, Red Dead Redemption 2 tetap menjadi salah satu karya paling monumental dalam sejarah industri game.

Cyberpunk 2077

 Dunia Cyberpunk 2077: Karya Epik yang Memadukan Teknologi dan Kehidupan Manusia"



Pengantar:

Cyberpunk 2077 telah menjadi sorotan sejak pengumuman pertamanya. Dikembangkan oleh CD Projekt Red, game ini telah dinanti-nantikan oleh para penggemar genre role-playing game (RPG) dan penggemar karya fiksi ilmiah. Ketika dirilis pada tahun 2020, Cyberpunk 2077 memenuhi ekspektasi dalam hal desain dunia yang mendalam, cerita yang menggugah, dan tata musik yang memukau.


Latar Belakang:

Cyberpunk 2077 mengambil inspirasi dari permainan meja Cyberpunk 2020 yang dibuat oleh Mike Pondsmith pada tahun 1988. Di dalam game ini, pemain memasuki dunia terbuka yang dipenuhi dengan kehidupan sibuk, megakorporasi yang kuat, dan teknologi yang melebihi imajinasi kita. Berlatar di Kota Terengah, yang merupakan versi futuristik dari kota fiksi Night City, pemain mengendalikan V, seorang mercenary yang berjuang untuk bertahan hidup di tengah-tengah kekacauan dan ambisi yang melibatkan kejahatan, politik, dan eksperimen teknologi yang mematikan.


Desain Dunia yang Menakjubkan:

Salah satu daya tarik utama Cyberpunk 2077 adalah desain dunianya yang mendalam dan detail. Night City terasa hidup dengan aktivitas sehari-hari, mulai dari neon-berkilauan hingga sudut gelap dan berbahaya. Tiap distrik memiliki karakteristik uniknya sendiri, mulai dari kemegahan pusat kota hingga kumuhnya kabupaten pinggiran. Pemain dapat menjelajahi kota dengan berbagai kendaraan, mulai dari mobil mewah hingga sepeda motor yang cepat.


Cerita yang Menarik:

Cerita Cyberpunk 2077 dipenuhi dengan intrik, konspirasi, dan karakter-karakter yang kompleks. Pemain dihadapkan dengan berbagai pilihan moral yang berdampak pada alur cerita. Interaksi dengan karakter non-pemain (NPC) juga memainkan peran penting dalam pengembangan narasi, dengan pemain dapat membentuk hubungan yang kompleks dengan mereka.


Peran Teknologi:

Teknologi memainkan peran sentral dalam dunia Cyberpunk 2077. Implan cyber memungkinkan pemain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental karakter mereka, sementara berbagai perangkat canggih seperti senjata berenergi, drone, dan modifikasi kendaraan memberikan pemain keunggulan dalam pertempuran dan eksplorasi.


Tanggapan dan Kontroversi:

Meskipun menerima pujian atas desain dunianya yang ambisius dan cerita yang kompleks, Cyberpunk 2077 juga menghadapi kontroversi terkait masalah bug, kinerja yang tidak memuaskan pada konsol tertentu, dan janji fitur-fitur yang tidak dapat dipenuhi oleh pengembang. CD Projekt Red telah berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pengalaman bermain, dengan merilis sejumlah pembaruan besar dan patch.


Kesimpulan:

Cyberpunk 2077 adalah pencapaian yang mengesankan dalam dunia game, menggabungkan desain dunia yang mendalam, cerita yang memikat, dan peran teknologi yang kuat. Meskipun tidak tanpa cacat, game ini tetap menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggemar RPG dan penggemar fiksi ilmiah. Dengan komitmen terus-menerus untuk memperbaiki dan meningkatkan, Cyberpunk 2077 tetap menjadi salah satu karya yang paling berkesan dalam sejarah game modern.

The Witcher 3

  The Witcher 3: Wild Hunt - Memasuki Dunia Fantasi yang Mendalam



The Witcher 3: Wild Hunt adalah sebuah epik dalam dunia permainan video yang merambah ke dalam alam fantasi yang penuh dengan keajaiban, misteri, dan konflik moral. Dikembangkan oleh CD Projekt Red dan dirilis pada tahun 2015, permainan ini telah memenangkan banyak penghargaan dan mendapat pujian kritis atas narasinya yang kompleks, dunia yang terbuka, dan desain karakter yang mendalam.


Cerita


Permainan ini mengikuti petualangan Geralt of Rivia, seorang Witcher yang terkenal, dalam pencarian untuk menemukan putri adoptifnya, Ciri, yang merupakan target utama Kehadiran yang jahat dan misterius. Di tengah perjalanannya, Geralt terlibat dalam konflik politik, intrik, dan pertempuran melawan makhluk-makhluk supernatural.


Dunia Terbuka yang Luas


Dunia Witcher 3 adalah lingkungan yang terbuka dan hidup, terdiri dari desa-desa yang ramai, kota-kota megah, hutan yang gelap, dan gunung yang menjulang tinggi. Setiap sudut dunia ini diisi dengan rahasia, misi sampingan, dan karakter-karakter yang membutuhkan bantuan Geralt.


Desain Karakter yang Menawan


Salah satu aspek yang membuat The Witcher 3 begitu memukau adalah desain karakternya yang mendalam. Baik itu tokoh utama seperti Geralt, Yennefer, dan Triss, maupun karakter sampingan yang muncul dalam perjalanan Geralt, semuanya memiliki latar belakang yang kompleks dan motivasi yang kuat.


Sistem Permainan yang Kompleks


Permainan ini menawarkan sistem pertarungan yang menantang, di mana pemain harus menggunakan keterampilan tempur, sihir, dan taktik untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Selain itu, pemain juga dapat mengasah keterampilan alkimia, membuat ramuan, dan menciptakan peralatan baru untuk membantu mereka dalam petualangan mereka.


Narasi Cabang


Salah satu fitur yang paling mencolok dari The Witcher 3 adalah kemampuannya untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada setiap pemain, tergantung pada pilihan mereka dalam cerita. Keputusan-keputusan yang dibuat oleh pemain dapat mempengaruhi alur cerita secara signifikan dan mengarah pada akhir yang berbeda-beda.


Legacy


The Witcher 3: Wild Hunt telah meninggalkan warisan yang kuat dalam industri permainan video, menjadi salah satu judul terbaik sepanjang masa. Dengan dunia yang mendalam, cerita yang emosional, dan gameplay yang menarik, permainan ini terus menjadi favorit bagi para penggemar fantasi dan RPG.


Dengan demikian, The Witcher 3: Wild Hunt tidak hanya sebuah permainan video biasa, tetapi sebuah pengalaman yang mendalam dan memikat yang akan diingat oleh para pemain untuk waktu yang lama.

Daftar 10 Game PC Terpopuler yang Wajib Dimainkan

 Daftar Game PC Terpopuler yang Wajib Dimainkan



Industri game PC terus berkembang dengan pesat, menawarkan pengalaman gaming yang semakin mendalam dan menghibur. Berikut ini adalah daftar game PC terpopuler yang wajib dimainkan untuk para pecinta game:


1. The Witcher 3: Wild Hunt

Dikembangkan oleh CD Projekt Red, game ini menghadirkan dunia fantasi yang luas, cerita yang mendalam, dan grafis yang memukau. Berperan sebagai pemburu monster, pemain akan menjelajahi dunia terbuka yang penuh dengan misteri dan penuh tantangan.


2. Cyberpunk 2077

Juga dari CD Projekt Red, game ini menempatkan pemain di dalam kota futuristik yang gelap dan penuh intrik. Dengan gameplay yang menarik dan cerita yang mendalam, Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game paling dinanti sebelum dirilis.


3. Red Dead Redemption 2

Dikembangkan oleh Rockstar Games, game ini merupakan prekuel dari Red Dead Redemption asli. Dengan dunia terbuka yang luas dan detail yang menakjubkan, Red Dead Redemption 2 menghadirkan pengalaman menjelajahi Wild West yang sangat imersif.


4. Grand Theft Auto V

Masih dari Rockstar Games, GTA V tetap menjadi salah satu game paling populer di PC. Dengan dunia terbuka yang besar, banyaknya misi, dan mode multiplayer yang seru, GTA V terus menarik pemain baru sejak dirilis.


5. Fortnite

Sebuah fenomena dalam industri game, Fortnite menawarkan gameplay battle royale yang seru dan inovatif. Dengan grafis yang cerah dan gaya seni yang unik, Fortnite terus menjadi salah satu game paling populer di dunia.


6. League of Legends

Sebagai salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) paling populer, League of Legends terus menarik jutaan pemain di seluruh dunia. Dengan berbagai pahlawan untuk dipilih dan strategi yang mendalam, LoL merupakan game yang menghibur dan menantang.


7. Counter-Strike: Global Offensive

Game first-person shooter (FPS) ini masih menjadi favorit di kalangan pemain PC. Dengan gameplay yang cepat dan kompetitif, CS:GO menawarkan pengalaman multiplayer yang seru dan menantang.

8. Minecraft

 sudah berusia lebih dari satu dekade, Minecraft tetap menjadi salah satu game paling populer di dunia. Dengan kreativitas tanpa batas dan dunia yang terus berkembang, Minecraft menghadirkan pengalaman gaming yang unik dan mendalam.


9. Among Us

Game ini meledak menjadi fenomena di tahun 2020 dan terus menarik pemain baru di PC. Dengan gameplay yang sederhana namun adiktif, Among Us menghadirkan pengalaman sosial yang menyenangkan untuk dimainkan bersama teman.


10. Valorant

Dikembangkan oleh Riot Games, Valorant adalah game first-person shooter taktis yang menggabungkan elemen dari berbagai genre. Dengan karakter yang unik dan mekanik permainan yang mendalam, Valorant telah menjadi salah satu game paling populer di PC sejak dirilis.


Itulah beberapa game PC terpopuler yang wajib dimainkan. Dari dunia terbuka yang luas hingga pengalaman multiplayer yang seru, game-game ini menawarkan sesuatu untuk semua jenis pemain. Kalian juga bisa daftar nya dibawah ini




LEAGUE OF LEGENDS

 

League of Legends

Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian
League of Legends
League of Legends 2019 vector.svg
PengembangRiot Games
PenerbitRiot Games
PengarahTom Cadwell
Produser
  • Steven Snow
  • Travis George
Perancang
  • Christina Norman
  • Rob Garrett
  • Steve Feak
Seniman
  • Edmundo Sanchez
  • Troy Adam
  • Paul Kwon
PenulisGeorge Krstic
KomponisChristian Linke
Seri
  • League of Legends 
PlatformMicrosoft Windows, macOS
Tanggal rilis27 Oktober 2009
GenreArena pertarungan daring multipemain
ModeMultipemain

League of Legends (disingkat LoL) adalah sebuah permainan video arena pertarungan daring multipemain yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Riot Games untuk Microsoft Windows dan macOS. Permainan tersebut terinspirasi oleh Warcraft III: The Frozen Throne dari seri Defense of the Ancients.

Referensi

  1. ^ Nguyen, Thierry (September 1, 2009). "Clash of The DOTAs". 1UP.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2011. Diakses tanggal October 21, 2009.

FORTNITE

 

Fortnite

Fortnite
FortniteLogo.svg
GenreBermacam-macam
PengembangFarga Corporation
PenerbitEpic Games
PlatformMicrosoft Windows, macOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, iOS, Android
Platform pertamaMicrosoft Windows
Year of inception2017

Fortnite adalah sebuah permainan video tahun 2017 yang dikembangkan oleh Farga Corporation yang dirilis sebagai paket perangkat lunak terpisah yang menyajikan berbagai mode permainan.

Modus permainan

  • Fortnite: Save the World, yaitu permainan yang melibatkan hingga empat pemain yang bekerja sama untuk melawan zombie dan mempertahankan objek dengan perbentengan yang dapat mereka bangun. Modus permainan ini dirilis pada tahun 2017. Save the World hanya tersedia di serambi Microsoft Windows, macOS, PlayStation 4, dan Xbox One.
  • Fortnite Battle Royale, yaitu permainan battle royale yang melibatkan hingga 100 pemain yang bertarung di ruangan yang semakin kecil dan setiap pemain berupaya untuk menjadi orang terakhir yang selamat. Modus permainan ini dirilis pada tahun 2017. Battle Royale tersedia di serambi Microsoft Windows, macOS, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch dan perangkat iOS dan Android.
  • Fortnite Creative, yaitu permainan kotak pasir tempat para pemain diberikan kebebasan penuh untuk menciptakan dunia dan arena pertempuran. Modus permainan ini dirilis pada tanggal 6 Desember 2018.

Penghargaan


TahunPenghargaanKategoriHasilRef(s).
2017The Game Awards 2017Best MultiplayerNominasi
201816th Visual Effects Society AwardsOutstanding Visual Effects in a Real-Time Project (A Hard Day's Night)Nominasi
D.I.C.E. AwardsOutstanding Achievement in Online GameplayNominasi
SXSW Gaming AwardsExcellence in MultiplayerNominasi
Excellence in GameplayNominasi
14th British Academy Games AwardsBest Evolving GameNominasi
Best MultiplayerNominasi
Webby AwardsPeople's Voice Award for Best Multiplayer/Competitive GameMenang
Game Critics AwardsBest Ongoing GameMenang
Develop AwardsBest AnimationNominasi
Teen Choice AwardsChoice VideogameMenang
Golden Joystick AwardsBest Competitive GameMenang
Mobile Game of the YearNominasi
Ultimate Game of the YearMenang
The Game Awards 2018Best Multiplayer GameMenang
Best Mobile GameNominasi
Best Ongoing GameMenang
Best Esports GameNominasi
Gamers' Choice AwardsFan Favorite GameMenang
Fan Favorite Multiplayer GameMenang
Fan Favorite eSports GameMenang
Fan Favorite Battle Royale GameMenang
Fan Favorite eSports League Format (Community Skirmishes)Menang
Australian Games AwardsMultiplayer/Online Title of the YearMenang
Mobile/Handheld Title of the YearNominasi
Shooter of the YearNominasi
Game of the YearNominasi

DOTA 2

  

Dota 2

Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian
Dota 2
DotA2.jpg
Logo
PengembangValve corporation
Penerbit
  • USA: Valve Corporation
  • Tiongkok: Perpect World
  • ROK: Nexon Co. Ltd.
  • JPN: Nexon Co. Ltd.
PengarahErik Johnson
PerancangIceFrog
PenulisChet Faliszek
Ted Kosmatka
Marc Laidlaw
KomponisJason Hayes
Tim Larkin
Chance Thomas
Seri
  • Dota 
EngineSource
PlatformMicrosoft Windows, OS X, Linux
Tanggal rilisMicrosoft Windows 9July 2013
OS X & Linux 18 July 2013
Genrearena pertarungan daring multipemain
ModeMultipemain

Dota 2 adalah sebuah permainan arena pertarungan during multipemain, dan merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne. DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit juli 2013 dota 2 dapat dimainkan secara gratis pada sistim operasi Microsoft Windows, OS X and Linux. Dota 2 dapat dimainkan secara eksklusif melalui distributor resmi valve, Steam.

Dota 2 dimainkan oleh 2 tim yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Di mana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lawan agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain hanya dapat mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.

Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak ramah.Sampai pertengahan 2017 Dota 2 menjadi game yang memiliki aktivitas pemain paling banyak di Steam, dengan pucak 800,000 pemain online bersamaan setiap hari. Namun telah disusul game PUBG (Player unknown's battle ground) yang memiliki aktivitas pemain sampai 1 juta setiap harinya

Perkenalan Gameplay

Dota 2 mengadu 2 tim berisikan masing-masing 5 pemain, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan disebut "Dire, dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient dan tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya. Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yaitu offlane (toplane untuk radiant dan bottom lane untuk dire) midlane dan safe lane (bottom lane untuk radiant dan top lane untuk dire) yang menghubungkan kedua Ancient tersebut dan pasukan (‘creeps’) yang spawn atau muncul secara berkala setiap 30 detik di jalur-jalur tersebut, Setiap 'lanes' memiliki 3 menara yang akan menyerang hero atau creeps didekatnya (disebut 'tower'). Pada tower terakhir terdapat 2 barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Apabila melee barracks atau ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super melee creeps atau super ranged creeps', dan akan menjadi 'mega creep' apabila kedua barracks dari ketiga lane telah dihancurkan), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan.

Selain creeps yang ada di lane, untuk menambah pengalaman guna meningkatkan level serta mengumpulkan gold, sebagian pemain juga dapat 'farming' ataupun 'creeping' dihutan dengan membunuh natural creeps ataupun ancient creeps.

Untuk memperoleh keabadian (kesempatan hidup satu kali lagi saat terbunuh) dengan mengunakan aegis immortal, pemain harus bisa mengalahkan roshan, monster hutan yang berada di jalur parit yang memiliki armor yang sangat kuat.

Dijalur parit juga terdapat rune (seperti double damage, haste, bounty, invisible, arcane dan water), yang muncul secara berkala setiap 2 menit.

Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda: Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif maupun pasif. Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat keputusan strategi, pemain akan berusaha menjelajah map untuk menghancurkan Ancient lawannya.

ROBLOX

  Roblox adalah platform permainan daring dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain. Didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dan secara resmi dirilis pada tahun 2006, platform ini menjadi tempat permainan yang dibuat pengguna dalam banyak genre, seperti permainan balap, permainan bermain-peran, simulasi dan kursus rintangan, diberi kode dalam bahasa pemrograman Lua.

Roblox gratis-untuk-dimainkan, dengan pembelian dalam permainan tersedia melalui mata uang virtual yang disebut "Robux". Pada Agustus 2020, Roblox memiliki lebih dari 164 juta pengguna aktif bulanan, yang dimainkan oleh lebih dari setengah dari semua anak berusia di bawah 16 tahun di Amerika Serikat

Roblox umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus.

Roblox studio

Two blue polygons with a gap in between them.
Logo Roblox Studio

Roblox adalah platform pembuatan permainan yang memungkinkan pemain untuk membuat game sendiri menggunakan mesin miliknya, Roblox Studio. Permainan diberi kode di bawah sistem Pemrograman Berorientasi Objek menggunakan bahasa pemrograman Lua untuk memanipulasi lingkungan permainan. Pengguna dapat membuat game pass, yang merupakan konten yang dapat dibeli melalui pembelian satu kali, serta transaksi mikro melalui produk pengembang. Pengembang di situs pertukaran Robux yang diperoleh dari berbagai produk di permainan mereka ke dalam mata uang dunia nyata melalui sistem Pertukaran Pengembang. Persentase pendapatan dari pembelian dibagi antara pengembang dan Roblox.

Barang dan mata uang

Logo mata uang virtual "Robux"

Roblox memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan membuat barang virtual yang dapat digunakan untuk menghias karakter virtual mereka yang berfungsi sebagai avatar mereka di platform. Pakaian bisa dibeli oleh siapa saja, tapi hanya pemain dengan keanggotaan premium yang bisa menjualnya. Hanya administrator Roblox yang dapat menjual aksesori, bagian tubuh, perlengkapan, dan paket di bawah akun pengguna resmi Roblox; topi dan aksesori virtual juga dapat diterbitkan oleh beberapa pengguna tertentu yang memiliki pengalaman bekerja dengan Roblox Corporation. Ada beberapa individu yang mendesain item sebagai pekerjaan penuh waktu, dengan pencipta berpenghasilan tertinggi menghasilkan lebih dari $100.000 setahun dari penjualan item. Barang dengan status edisi terbatas hanya dapat diperdagangkan atau dijual oleh pengguna dengan status keanggotaan premium.

Acara

Roblox sesekali menyelenggarakan kehidupan nyata dan peristiwa virtual. Salah satu acara tersebut adalah Konferensi Pengembang mereka. Roblox mengadakan acara perburuan telur Paskah virtual setiap tahun dan acara yang sebelumnya diselenggarakan seperti BloxCon, yang merupakan konvensi untuk pemain dari segala usia.

Roblox terkadang terlibat dalam acara untuk mempromosikan film, seperti yang diadakan untuk mempromosikan Wonder Woman 1984 dan Aquaman. Pada tahun 2020, Roblox menyelenggarakan konser virtual pertamanya, yang dibandingkan dengan konser virtual rapper Amerika Travis Scott di Fortnite, di mana rapper Amerika Lil Nas X memulai debutnya dengan lagunya "Holiday" di hadapan para pemain Roblox.

Konferensi Pengembang

Roblox setiap tahun menyelenggarakan Roblox Developers Conference, acara khusus undangan selama tiga hari di San Francisco di mana pembuat konten teratas di situs mempelajari perubahan mendatang pada platform. Roblox juga menjadi tuan rumah acara serupa di London dan Amsterdam.

Pengembangan dan sejarah

Logo Roblox pertama, dirancang pada tahun 2004[29]
Logo Roblox dari 2005–2006[29]
Logo Roblox dari 2006-2017; itu memiliki banyak variasi, tetapi sebagian besar tetap sama.[29]
Logo Roblox pada 2017[29]

Versi beta Roblox dibuat oleh salah satu pendiri David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004, awalnya dengan nama DynaBlocks. Baszucki mulai menguji demo pertama tahun itu. Pada tahun 2005, perusahaan berganti nama menjadi RobloxRoblox resmi digunakan pada 1 September 2006.

Pada bulan Maret 2007, Roblox menjadi patuh dengan COPPA, dengan tambahan obrolan aman, suatu perubahan yang membatasi pengguna di bawah usia tiga belas tahun untuk berkomunikasi dengan memilih pesan yang telah ditentukan dari menu. Pada bulan Agustus, Roblox menerapkan perbaikan server dan merilis layanan keanggotaan premium bernama "Builders Club." Fitur keanggotaan berbayar ini, pada bulan September 2019, berganti nama menjadi "Roblox Premium."

Pada bulan Desember 2011, Roblox mengadakan Hack Week pertama mereka, sebuah acara tahunan di mana pengembang Roblox bekerja pada ide-ide inovatif di luar kotak untuk perkembangan baru untuk diberikan kepada perusahaan. Pada 11 Desember 2012, Roblox merilis versi iOS dari platform permainan. Pada 1 Oktober

2013, Roblox merilis program "Developer Exchange", yang memungkinkan pengembang untuk menukar Robux virtual yang diperoleh dari permainan mereka ke dalam mata uang dunia nyata.

Pada tanggal 31 Mei 2015, fitur yang disebut 'Smooth Terrain' ditambahkan, meningkatkan kesetiaan grafis dari medan dan mengubah mesin fisika dari gaya berorientasi blok menjadi gaya yang lebih halus dan lebih realistis. Pada tanggal 20 November, Roblox diluncurkan di Xbox One, dengan pilihan awal 15 permainan yang dipilih oleh staf Roblox. Permainan Roblox yang baru untuk konsol ini harus melalui proses persetujuan, dan tunduk pada standar Entertainment Software Ratings Board.

Pada April 2016, Roblox meluncurkan Roblox VR untuk Oculus Rift. Pada saat perilisan, lebih dari sepuluh juta game tersedia dalam 3D. Sekitar periode waktu yang sama, fitur obrolan aman dihapus dan diganti oleh sistem berdasarkan daftar putih dengan serangkaian kata yang dapat diterima untuk pengguna di bawah 13 tahun dan pada daftar hitam untuk pengguna lain. Pada bulan Juni, perusahaan meluncurkan versi yang kompatibel dengan Windows 10. Sementara platform game telah memiliki kehadiran PC sejak tahun 2004 dengan versi web-nya, ini adalah pertama kalinya ditingkatkan dengan launcher mandiri yang dibangun untuk Windows.

Komunitas dan budaya

Upaya anti-rasisme

Pengguna Roblox telah dicatat untuk upaya mereka melawan rasisme, dengan banyak pengguna biasa dan salah satu pendiri Baszucki telah menyatakan dukungan mereka untuk protes George Floyd dan Black Lives Matter.

Efek pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi Roblox dengan berbagai cara. Karena karantina yang diberlakukan oleh interaksi sosial pandemi yang membatasi, Roblox digunakan sebagai cara bagi anak-anak untuk berkomunikasi satu sama lain. Salah satu cara yang paling terkenal bahwa metode komunikasi ini dilakukan adalah fenomena pesta ulang tahun diadakan di platform. Pada 1 Mei 2020, Roblox Corp mengumumkan penggalangan dana virtual untuk mengumpulkan uang untuk amal yang berjuang COVID-19.

Efek suara "Oof"

Dari perilisan hingga November 2020, efek suara Roblox saat karakter mati adalah suara "oof", yang menjadi bagian penting dari reputasi platform karena statusnya sebagai sebuah meme. Suara ini awalnya diproduksi oleh komposer permainan video Tommy Tallarico untuk permainan video tahun 2000 Messiah, dan dia serta Roblox terlibat dalam sengketa hak cipta. Perselisihan berakhir ketika Roblox setuju untuk menarik suara dari platform mereka dan menggantinya dengan suara kematian lainnya, dan Tallarico setuju untuk mengizinkan Roblox merilis suara itu lagi di kemudian hari di pasarnya, pengembang permainan mana di platform ini yang dapat membeli dengan harga US $1.

Penerimaan dan penghasilan

Penerimaan Keseluruhan

Roblox secara keseluruhan telah menerima ulasan positif secara umum. Common Sense Media memberikannya 4 dari 5 awal, memuji berbagai permainan situs web dan kemampuan untuk mendorong kreativitas pada anak-anak, sementara juga menemukan bahwa sifat terdesentralisasi dari platform berarti kualitas permainan bervariasi, dan merekomendasikan menonaktifkan fungsi obrolan untuk pemain muda untuk mencegah kemungkinan interaksi yang berbahaya. Patricia E. Vance dari Family Online Safety Institute juga menyarankan orang tua untuk memantau interaksi anak-anak mereka di platform, tetapi memuji platform untuk "memungkinkan anak-anak bermain, mengeksplorasi, bersosialisasi, membuat dan belajar dengan cara yang diarahkan sendiri", dan memberikan pujian utama kepada Roblox Studio untuk kemampuannya mendorong anak-anak untuk mengalami pengembangan permainan.

Permainan

Karena statusnya sebagai platform permainan, Roblox memiliki beragam permainan populer. Mulai Mei 2020, permainan paling populer di Roblox masing-masing memiliki lebih dari 10 juta pemain aktif bulanan. Hingga Agustus 2020, setidaknya 20 permainan telah dimainkan lebih dari satu miliar kali, dan setidaknya 5.000 telah dimainkan lebih dari satu juta kali. TechCrunch mencatat pada Maret 2021 bahwa permainan Roblox sebagian besar berbeda dari tradisi mapan dalam permainan gratis untuk dimainkan, menemukan bahwa permainan Roblox yang sukses diarahkan untuk kepuasan langsung, dan menemukan bahwa penambahan tutorial secara signifikan menurunkan keterlibatan pemain, bertentangan dengan kebijaksanaan yang sudah mapan tentang permainan video gratis untuk dimainkan.

Pendapatan

Selama Roblox Developers Conference 2017, para pejabat mengatakan bahwa pembuat platform permainan, yang jumlahnya sekitar 1,7 juta pada 2017, secara kolektif menghasilkan setidaknya $30 juta pada 2017. Versi iOS Roblox melampaui pendapatan seumur hidup $1 miliar pada November 2019, $1,5 miliar pada Juni 2020, dan $2 miliar pada Oktober 2020, menjadikannya aplikasi iOS dengan pendapatan tertinggi kedua. Beberapa game individu di Roblox telah mengumpulkan pendapatan lebih dari $10 juta, sementara pengembang secara keseluruhan di platform secara kolektif diproyeksikan telah menghasilkan sekitar $250 juta selama tahun 2020. Ini menjadi game terlaris ketiga tahun 2020, dengan pendapatan $2,29 miliar, di bawah judul Tencent PUBG dan Honor of Kings.

Mainan

Pada Januari 2017, Jazwares, pembuat mainan, bekerja sama dengan Roblox Corporation untuk memproduksi minifigures mainan berdasarkan konten yang dibuat pengguna yang dibuat oleh pengembang besar di platform. Minifigures memiliki anggota badan dan sendi yang mirip dengan minifigura Lego. Minifiguranya juga memiliki anggota badan dan aksesori yang dapat dipertukarkan. Semua set menyertakan kode yang dapat digunakan untuk menebus item virtual. Ada juga kotak buta yang berisi minifigur acak dan memiliki peluang untuk mengandung tokoh misteri. Pada 2019, Roblox Corporation merilis lini mainan baru, bermerek seri "Roblox Desktop". Pada 13 April 2021, Roblox bermitra dengan Hasbro untuk merilis senjata Nerf bertema Roblox dan edisi Monopoli bertema Roblox.[

Penghargaan dan pengakuan

Roblox telah menerima penghargaan berikut:

  • Inc. 5000 Daftar Perusahaan Swasta Berkembang tercepat di Amerika (2016, 2017)
  • San Mateo County Economic Development Association (SAMCEDA) Penghargaan Keunggulan (2017)
  • San Francisco Business Times' Tech & Innovation Award - Gaming / eSports (2017).

Valorant

 Valorant: A Comprehensive Guide to Riot Games' Tactical Shooter Valorant, developed by Riot Games, burst onto the gaming scene in 2020 ...